Kamis, 16 Oktober 2014

BAB 1 : ISD sebagai MKDU


PENGERTIAN ISD

Ilmu Sosial Dasar adalah pendalaman dan pemecahan ilmu pengetahuan menegenai seluruh masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) dengan cara memberikan pengetahuan umum masyarakat tenteng konsep kehidupan bermasyarakat terhadap lingkungannya sendiri. 

Berikut ini adalah pengertian ilmu sosial dasar menurut para ahli :

LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi antara warga negara dan pemerintahannya dalam kehidupan sehari-hari

E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

I.ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah inti dari proses hubungan antar individu walaupun masih memperdebatkan  pola berhubungan para individunya.

F. ENDA M. C 
Ilmu Sosial Dasar adalah cara bagaimana para individu saling berhubungan

G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar merupakan ketidak utuhan hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya

H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan

I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah inti dari proses hubungan antar individu walaupun masih memperdebatkan  pola berhubungan para individunya.


TUJUAN ISD

Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :

a.Memahami dan menyadari kenyataan dan maslah sosial di dalam masyarakat.

b. Peka dan tanggap terhadap masalah-masalah sosial untuk ikut serta dalam menanggulanginya.

c. membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia2 lain, serta sikap dan tingkah laku manusia2 lain terhadap manusia yg bersangkutan.


 d. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

e. Mengusahakan agar mahasiswa, menjadi pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.

PENGERTIAN IPS

IPS dapat diartikan dengan penelaahan atau kajian tentang masyarakat dari perpaduan beberapa disiplin ilmu sosial yang dipelajari mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan adanya IPS, kita dapat mempelajari tentang interaksi antar manusia, memahami bahwa masyarakat tidak dapat terlepas dari berbagai kebutuhannya, dan belajar mengkaji masalah sosial dan mencari solusinya.

Pengertian IPS menurut beberapa ahli, yaitu:

1.      Kosasi Djahiri (1983) :IPS adalah merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya, serta kemudian diolah berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan dan didaktik untuk dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.
2.      Nasution.D,Prof,Dr M.A (1975) : IPS adalah suatu program Pendidikan yang merupakan suatu keseluruhan, yang pada pokoknya mempersoalkan manusia dalam lingkungan alam fisik, maupun dalam lingkungan sosialnya yang merupakan fusi atau paduan dari sejumlah mata pelajaran Ilmu-ilmu sosial
3.      Nu’man Sumantri dan kawan-kawan (1973) : IPS sebagai bahan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan di tingkat SD, SLP, dan SLA.
4.      Edwin Fenton (1976): Fakta akan mempunyai arti yang berbeda dari setiap orang yang mempelajarinya.

TUJUAN IPS

Tujuan kurikuler yang harus dicapai pada bidang studi IPS yaitu:
 1.  mempelajari closed areas atau masalah-masalah sosial yamg pantas untuk dibicarakan dimuka umum, untuk melatih berpikir demokrat.
2.  mendidik kewarganegaraan yang baik.Dalam konteks budaya melalui pengolahan secara ilmiah dan psikologis yang tepat.

3.  Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah dan keterampilan social, membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.  Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional maupun global.
5. Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
6. Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
7. Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
8.  Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
9.  Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.

3 KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN
       
1 . Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ) : bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta dengan menggunakan metode ilmiah. Caranya dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.  Kemudian digeneralisasikan, lalu dibuat  prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.

2.      Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) : bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan dalam hubungan antara manusia. Yang dikaji dengan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Yang disebabkan karena keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.

3.      Pengetahuan budaya ( the humanities ) : bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.


PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ISD DAN IPS

Setiap Ilmu akan selalu meliliki persamaan ataupun perbedaan antara satu ilmu dengan ilmu lainya yang masih berkaitan dengan sub bidang yang dibahas pada ilmu tersebut. Ilmu IPS menjadi salah satu Ilmu yang memiliki keterkaitan dengan Ilmu Sosial Budaya yang mengakibatkan keduanya memiliki persamaan maupun perbedaan, yaitu :


Persamaan :
1.      merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.      mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Adapun perbedaannya adalah :
1.      Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
2.      Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal (tidak memiliki kelompok mata pelajaran), sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran .
3.      Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk embentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

RUANG LINGKUP ISD

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, maka dipakailah duamasalah pokok sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD,kedua permasalah tersebut yaitu:
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya dengan menggunakan pendekatan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin), maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
Hakekat manusia universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga
 – lembaga sosial. terutama terdiri dari psikologi, sosiologi, dan antropologi dan menengah yang terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran studi isd adalah aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah
 – masalah yg timbul. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah social, terlebih dahulu kita harus mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.

Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, sehingga diharapkan ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar dapat mempelajari dan memahami adanya :


1. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
2. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
3. Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
4. Masalah pemuda dan sosialisasi.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah individu, keluarga dan masyarakat..
7. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan..
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

3 GOLONGAN BAHAN PELAJARAN ISD

Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :

1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial saling berkaitan.





Sumber referensi :

wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/.../pengertian-isd-ilmu-sosial-dasa.

hendiherdian93.blogspot.com/2011/12/pengertian-isd.html

agaiueo.tumblr.com

blog-pinta.blogspot.com/2012/.../tugas-1pengertian-ilmu-sosial-dasar.ht.

harefa12.wordpress.com/2011/02/18/pengertian-tujuan-isd-dan-ips















Tidak ada komentar:

Posting Komentar