PENGERTIAN
ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah pendalaman dan pemecahan ilmu pengetahuan menegenai seluruh masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) dengan cara memberikan pengetahuan umum masyarakat tenteng konsep
kehidupan bermasyarakat terhadap lingkungannya sendiri.
Berikut ini adalah pengertian ilmu sosial dasar menurut para ahli :
LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi antara warga negara dan pemerintahannya dalam kehidupan sehari-hari
E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi antara warga negara dan pemerintahannya dalam kehidupan sehari-hari
E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari
setiap individu manusia
I.ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah inti dari proses
hubungan antar individu walaupun masih memperdebatkan pola berhubungan para individunya.
F. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara bagaimana para
individu saling berhubungan
G. LENA DOMINELLI
G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar merupakan ketidak utuhan
hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat
rapuh di dalamnya
H. PETER HERMAN
H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu perbedaan
namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan
I. ENGIN FAHRI
I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah inti dari proses
hubungan antar individu walaupun masih memperdebatkan pola berhubungan para individunya.
TUJUAN ISD
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum. Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a.Memahami dan menyadari kenyataan dan maslah sosial di dalam masyarakat.
b. Peka dan tanggap terhadap masalah-masalah sosial untuk ikut serta dalam menanggulanginya.
c. membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia2 lain, serta sikap dan tingkah laku manusia2 lain terhadap manusia yg bersangkutan.
d. Mengusahakan penajaman kepekaan
mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah beradaptasi dengan
lingkungan yang baru.
e.
Mengusahakan agar mahasiswa, menjadi pemimpin bangsa dan negara serta ahli
dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan
dan pengkotakan disiplin yang ketat.
PENGERTIAN IPS
IPS dapat
diartikan dengan penelaahan atau kajian tentang masyarakat dari perpaduan beberapa disiplin ilmu sosial yang dipelajari mulai dari
jenjang pendidikan dasar sampai pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan adanya IPS, kita dapat mempelajari tentang interaksi antar manusia,
memahami bahwa masyarakat tidak dapat terlepas dari berbagai kebutuhannya, dan
belajar mengkaji masalah sosial dan mencari solusinya.
Pengertian IPS menurut
beberapa ahli, yaitu:
1.
Kosasi Djahiri (1983) :IPS adalah merupakan ilmu pengetahuan yang
memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya, serta
kemudian diolah berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan dan didaktik untuk
dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.
2.
Nasution.D,Prof,Dr M.A (1975) : IPS adalah suatu program Pendidikan yang
merupakan suatu keseluruhan, yang pada pokoknya mempersoalkan manusia dalam
lingkungan alam fisik, maupun dalam lingkungan sosialnya yang merupakan fusi
atau paduan dari sejumlah mata pelajaran Ilmu-ilmu sosial
3.
Nu’man Sumantri dan kawan-kawan (1973) : IPS sebagai bahan pelajaran
ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan di tingkat SD, SLP, dan
SLA.
4.
Edwin Fenton (1976): Fakta akan mempunyai arti yang berbeda dari setiap
orang yang mempelajarinya.
TUJUAN IPS
Tujuan kurikuler
yang harus dicapai pada bidang studi IPS yaitu:
1. mempelajari closed
areas atau masalah-masalah
sosial yamg pantas untuk dibicarakan dimuka umum, untuk melatih berpikir demokrat.
2. mendidik
kewarganegaraan yang baik.Dalam konteks budaya melalui pengolahan secara ilmiah dan psikologis yang
tepat.
3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri,
memecahkan masalah dan keterampilan social, membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan
kemanusiaan
4. Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional maupun global.
5. Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam
kehidupan masyarakat.
6. Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis,
dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan
di masyarakat.
7. Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama
warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
8. Membekali peserta
didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi
bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
9. Membekali peserta
didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan
perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.
3 KELOMPOK
ILMU PENGETAHUAN
1 . Ilmu-ilmu Alamiah ( natural
scince ) : bertujuan
untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta
dengan menggunakan metode ilmiah. Caranya dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu
kualitas. Kemudian digeneralisasikan,
lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) :
bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan dalam hubungan antara manusia.
Yang dikaji dengan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi
hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Yang
disebabkan karena keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat
berubah dari saat ke saat.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) : bertujuan untuk memahami dan mencari
arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini
digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang
bersifat unik, kemudian diberi arti.
PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ISD DAN IPS
Setiap
Ilmu akan selalu meliliki persamaan ataupun perbedaan antara satu ilmu dengan ilmu lainya yang masih berkaitan dengan sub bidang yang dibahas
pada ilmu tersebut. Ilmu IPS menjadi salah satu Ilmu yang memiliki keterkaitan
dengan Ilmu Sosial Budaya yang mengakibatkan keduanya memiliki
persamaan maupun perbedaan, yaitu :
Persamaan :
1.
merupakan
bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.
mempunyai
materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaannya adalah :
1.
Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi
sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar
maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
2. Ilmu
Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal (tidak memiliki kelompok mata
pelajaran), sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah
mata pelajaran .
3.
Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar
dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah manusia dan kebudayaan, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan
untuk embentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
RUANG LINGKUP ISD
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Bertitik
tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, maka dipakailah duamasalah pokok sebagai
bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD,kedua
permasalah tersebut yaitu:
Berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan
budaya dengan menggunakan pendekatan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi
masing-masing keahlian (disiplin), maupun secara gabungan (antar
bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
Hakekat
manusia universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam
kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi
manusia dan masyarakat dan studi lembaga
– lembaga
sosial. terutama terdiri dari psikologi,
sosiologi, dan antropologi dan menengah yang terdiri
atas ekonomi dan politik. Sasaran studi isd adalah aspek yang paling mendasar dalam
kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah
–
masalah yg timbul. Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas
masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah social, terlebih dahulu kita harus mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep
sosial tertentu.
Ilmu Sosial Dasar
terdiri dari 8 Pokok Bahasan, sehingga diharapkan ruang lingkup
perkuliahan Ilmu Sosial Dasar dapat mempelajari dan memahami adanya :
1. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi.
1. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi.
2. Masalah
masyarakat perkotaan dan pedesaan.
3. Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
4. Masalah pemuda
dan sosialisasi.
5. Masalah pelapisan
sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah individu,
keluarga dan masyarakat..
7. Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan
kebudayaan..
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan
kesejahteraan masyarakat.
3 GOLONGAN BAHAN PELAJARAN ISD
Bahan pelajaran
Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
2. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar
atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah
sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.Sebagai contoh misalnya
konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
3. Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial saling berkaitan.
Sumber referensi :
wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/.../pengertian-isd-ilmu-sosial-dasa.
hendiherdian93.blogspot.com/2011/12/pengertian-isd.html
agaiueo.tumblr.com
blog-pinta.blogspot.com/2012/.../tugas-1pengertian-ilmu-sosial-dasar.ht.
harefa12.wordpress.com/2011/02/18/pengertian-tujuan-isd-dan-ips
Tidak ada komentar:
Posting Komentar